Perbedaan Antara Amazon Dan Alibaba

perbedaan amazon dan alibaba-main

Pada artikel ini kita akan membahas perbedaan antara Amazon dan Alibaba. Kemajuan teknologi semakin hari semakin terlihat jelas dan tidak hanya satu, tetapi dalam banyak hal, termasuk pada sektor perekonomian, seperti pasar e-commerce. Konsumen dan produsen telah beradaptasi dengan penjualan dan pembelian produk melalui platform online, yang merupakan kenyamanan besar. E-commerce tidak hanya ideal untuk perusahaan besar, tetapi juga untuk perusahaan kecil.

Contoh pasar tersebut adalah Alibaba, Aliexpress, dan Amazon, dan beberapa nama lainnya. Ini mungkin memiliki peran yang sama, yang bertindak sebagai jembatan antara produsen dan konsumen tetapi berbeda dalam banyak hal, seperti bagaimana mereka menjalankan bisnis mereka.

Sekilas Tentang Amazon

Amazon didirikan oleh Jedd Bezos pada tahun 1994, Amazon adalah perusahaan e-commerce dan cloud komputasi terbesar di dunia, diikuti oleh perusahaan lain seperti Facebook, Google, dan Apple. Perusahaan ini memiliki situs web ritel terpisah untuk negara dan juga mengirimkan produk ke negara lain.

perbedaan amazon dan alibaba

Model bisnis di Amazon diatur sedemikian rupa sehingga:

  • Perusahaan menjual barang langsung ke konsumen.
  • Produsen membuat daftar barang mereka di situs tempat mereka membayar biaya layanan kepada Amazon.
  • Amazon menawarkan layanan amazon prime di mana pelanggan yang memiliki akun utama membayar biaya tahunan akan menikmati tidak hanya pengiriman pada hari yang sama atau dua hari tetapi juga layanan berlangganan di mana mereka dapat melakukan streaming item media seperti musik dan film.

Sekilas Tentang Alibaba

Alibaba didirikan pada tahun 1999 oleh Jack Ma, Alibaba adalah pengecer terbesar di dunia, dan juga salah satu platform bisnis internet terbesar dengan operasi di lebih dari 200 negara. Ini menyediakan layanan bisnis ke konsumen (B2C), konsumen ke konsumen (C2C) dan bisnis ke bisnis (B2B). Dengan E-commerce menjadi kegiatan bisnis utamanya, Alibaba juga memiliki produk lain seperti perdagangan seluler, transfer uang online, dan hosting lelang online.

perbedaan amazon dan alibaba-1

Bertindak sebagai perantara antara konsumen dan produsen melalui platform online yang luas. Alibaba memiliki model bisnis yang diatur sedemikian rupa sehingga:

  • Taobao, situs terbesar di Alibaba, adalah pasar bebas biaya. Namun, untuk menghasilkan pendapatan iklan, penjual di platform ini membayar sehingga memiliki peringkat lebih tinggi di mesin pencari.
  • Penghasilan juga dihasilkan melalui Tmall, di mana pengecer besar menjual produk mereka dan membayar biaya tahunan, deposito dan komisi dari penjualan yang dihasilkan.
  • Produk keuangan seperti Alipay yang melindungi pelanggan dari validitas transaksi.
  • Alibaba juga menghasilkan pendapatan melalui platform bisnis kredit mikro yang baru diluncurkan.

Kesamaan antara Amazon dan Alibaba

Keduanya adalah platform e-commerce komersial
Keduanya telah mencapai keberhasilan terobosan dalam menembus pasar E-commerce
Keduanya dapat memperoleh pendapatan mereka dengan membebankan biaya pada penjual pihak ketiga pada platform


Perbedaan antara Amazon dan Alibaba

Tahun Amazon dan Alibaba Didirikan
Sementara Amazon didirikan pada tahun 1994 di Washington, Alibaba didirikan pada tahun 1999 di Cina.

Pendiri Amazon dan Alibaba
Amazon didirikan oleh Jedd Bezos. Di sisi lain, Alibaba didirikan oleh Jack Ma.

Peringkat dunia
Amazon mendapat peringkat sebagai situs web ke- 9 yang paling banyak dikunjungi di dunia. Di sisi lain, TaoBao, anak perusahaan dari Alibaba berada di peringkat ke- 10 di situs web yang paling banyak dikunjungi di dunia.

Layanan konten streaming
Amazon adalah pemain utama dalam penyediaan konten streaming, baik video, dan audio, sehingga menyaingi merek seperti Pandora atau Spotify. Sebaliknya, Alibaba tidak menyediakan layanan konten streaming.

Model bisnis untuk Amazon dan Alibaba
Model bisnis di Amazon diatur sedemikian rupa sehingga perusahaan menjual barang langsung ke konsumen, produsen mendaftarkan barang mereka di situs di mana mereka membayar biaya layanan kepada Amazon dan juga menawarkan layanan amazon prime di mana pelanggan yang memiliki pembayaran akun utama biaya tahunan dan menikmati tidak hanya pengiriman hari yang sama atau dua hari tetapi juga layanan berlangganan dimana mereka dapat melakukan streaming item media seperti musik dan film.

Di sisi lain, model bisnis di Alibaba diatur sedemikian rupa sehingga platform menawarkan pasar bebas biaya melalui Taobao. Penghasilan juga dihasilkan melalui Tmall, di mana pengecer besar menjual produk mereka dan membayar biaya tahunan, deposito dan komisi dari penjualan yang dihasilkan. Layanan lain seperti platform bisnis pinjaman mikro Alipay juga merupakan bagian dari platform.

Demikianlah beberapa perbedaan antara Amazon dan Alibaba. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan anda.