Perbedaan Amazon Dan Shopify

Perbedaan Amazon Dan Shopify

Pada artikel ini kita akan share beberapa perbedaan Amazon dan Shopify. Di antara pertempuran terbesar yang pernah diperjuangkan di front ekonomi adalah pertempuran raksasa e-commerce. Dengan perkembangan teknologi sedemikian rupa yang memungkinkan seseorang untuk berbelanja smartphone atau TV favorit mereka dari rumah mereka, setiap entitas bisnis pasti ingin memenangkan perang ini.


Pertarungan ekonomi semacam itu telah terjadi antara Amazon dan Shopify. Namun, tantangan yang lebih besar bagi kebanyakan orang adalah apakah mereka harus tetap dengan salah satu dari mereka atau mencoba dan berbelanja dengan keduanya.

Jika Anda juga terjebak bertanya-tanya toko mana yang harus Anda tempati, mendapatkan berbagai ciri yang menandai masing-masing toko dapat membantu. Anda bisa mulai dengan membandingkannya dan menimbang pilihan berdasarkan poin yang dibahas di bawah ini. Berbagai poin yang dibahas di bawah ini berusaha untuk menggambarkan perbedaan yang tajam antara Amazon dan Shopify dan bisa berguna bagi siapa saja yang terjebak dalam memilih toko terbaik.

Amazon

Amazon adalah perusahaan teknologi multinasional yang terdaftar sebagai Amazon.com, Inc. Dengan kehadiran di banyak negara di seluruh dunia, Amazon berfokus pada e-commerce, kecerdasan buatan, dan komputasi cloud.

Berkantor pusat di Seattle, Washington, Amazon.com, Inc. terdaftar di antara "Big Four Technology Giants" bersama Facebook, Apple, dan Google. Ini adalah perusahaan yang juga dianggap sebagai Empat Penunggang Kuda atau raksasa teknologi.

Perbedaan Amazon Dan Shopify-1

Amazon telah dipuji karena proses aplikasi yang sangat kompetitif, inovasi, kapitalisasi pasar, dan ekuitas merek. Itu juga dianggap sebagai perusahaan publik yang paling berharga sementara Apple dan Alphabet (perusahaan induk Google) mengambil posisi di belakangnya. Ini juga di antara perusahaan yang memimpin paket sebagai pasar e-commerce terbesar dengan platform komputasi cloud peringkat tinggi.


Shopify

Shopify adalah perusahaan publik dengan kantor pusat di Ottawa, Ontario, Kanada. Ini adalah salah satu raksasa e-commerce yang terkenal di dunia dengan sistem penjualan eceran dan toko online.

Pelanggan Shopify menikmati segudang layanan. Toko ini menawarkan layanan ritel online serta pemasaran, pembayaran, alat keterlibatan pelanggan, dan pengiriman. Layanan ini juga diarahkan untuk membantu pengecer online dan pedagang kecil untuk menjalankan toko online mereka di Shopify.

Perbedaan Amazon Dan Shopify-2

Pada Agustus 2017, Shopify memiliki lebih dari 600.000 pedagang online. Namun, ini diperdebatkan oleh seorang aktivis short-seller yang mengklaim bahwa Shopify hanya memiliki 50.000 pedagang terverifikasi.

Kemungkinan Kesamaan Antara Amazon dan Shopify
Meskipun keduanya terlibat persaingan sengit, tapi keduanya juga memiliki beberapa kesamaan:

Keduanya dipimpin oleh pendiri mereka yang juga berbagi visi jangka panjang.
Keduanya memiliki obsesi untuk pengalaman pelanggan yang hebat. Ini telah membuat setiap toko selalu meningkatkan pengalaman pencarian, navigasi, dan pemesanan pelanggan mereka. Gerai-gerai ini juga memudahkan pemenuhan pesanan, manajemen akun pelanggan, serta hadiah tambahan sebagai kejutan bagi pembeli setia mereka.

Perbedaan Antara Amazon dan Shopify

Berikut ini adalah perbedaan utama antara dua bisnis e-commerce, Amazon dan Shopify:

Tanggal Pendirian
Amazon didirikan pada 5 Juli 1994, sebagai toko buku online dan dengan nama Cadabra, Inc. Shopify, di sisi lain, didirikan pada 2004 sebagai Snowdevil tetapi kemudian diluncurkan sebagai Shopify pada 2006.

Pendiri Amazon dan Shopify
Amazon didirikan oleh Jeff Bezos yang merupakan presiden, ketua, dan CEO saat ini sedangkan Shopify didirikan oleh CEO saat ini Tobias Lutke bersama dengan Daniel Weinand dan Scott Lake.

Markas besar
Markas besar Amazon berada di Seattle, Washington, AS sedangkan markas utama Shopify adalah di Ottawa, Ontario, Kanada.

Produk dan layanan
Produk dan layanan dari Amazon termasuk web, digital, perangkat, teknologi, logistik, ritel, dan layanan penerbitan. Shopify, di sisi lain, menawarkan platform e-commerce untuk pengecer online, Pembayaran Shopify, pengiriman, pemasaran, alat keterlibatan pelanggan, dan sistem penjualan ritel.

Entitas Anak
Amazon memiliki sejumlah anak perusahaan seperti Penerbitan Amazon, Amazon Air, Amazon Lab126, Robotika Amazon, Studio Game Amazon, Logistik Amazon, Buku Amazon, Studio Amazon, Pasar Makanan Utuh, IMDb, Layanan Web Amazon, Twitch.tv, Audible Inc., dan Goodreads.

Shopify, dalam upayanya untuk menembus lebih dalam ke pasar, juga telah mengakuisisi beberapa anak perusahaan. Anak perusahaan termasuk Shopify App Store, Appify Mobile Shop, Select Start Studios Inc ("S3"), Jet Cooper, Boltmade, Frenzy, dan Tiny Hearts.

Penghasilan Amazon Vs. Penghasilan Shopify
Pada akhir tahun fiskal 2017, Amazon mencatat pendapatan $ 177.866 miliar sementara Shopify mencatat total $ 673,3 juta pada tahun yang sama.

Pasar Amazon Vs. Pasar Shopify
Perbedaan utama antara kedua bisnis ini adalah Shopify tidak menjual produk kepada konsumen sementara pembeli Amazon dapat membeli barang langsung dari toko. Shopify, sebaliknya, menawarkan perangkat alat e-commerce yang memungkinkan pengusaha dan pedagang menjalankan bisnis e-commerce di Shopify. Shopify menghasilkan uang dari biaya pelanggan merchant dan biaya transaksi.

Para karyawan
Pada Oktober 2018, Amazon memiliki total 613.300 karyawan sementara Shopify memiliki 3.000 karyawan hingga Agustus 2018.

Itulah beberapa perbedaan Amazon dan Shopify. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda.